Vol 3 No 2 (2022): Science Education Journal, Sixth Edition
Articles

Upaya Meningkatkan Minat Belajar dalam Hukum Bacaan Qalqalah Melalui Penggunaan Model Make a Match dan Multimedia bagi Peserta Didik Kelas VIII MTsN 7 Kabupaten Solok

Afrizal Afrizal Afrizal
Universitas Negeri Padang
0 0
Published December 26, 2022
How to Cite
Afrizal, A. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar dalam Hukum Bacaan Qalqalah Melalui Penggunaan Model Make a Match dan Multimedia bagi Peserta Didik Kelas VIII MTsN 7 Kabupaten Solok. Universe, 3(2), 251-267. https://doi.org/10.24036/universe.v3i2.421

Abstract

Rendahnya  minat  belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran hadits, akan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Terutama pada materi qalqolah. Oleh karena itu perlu diadakan perubahan dalam mengunakan model – model pembelajaran, sehingga membangkitkan minat belajar siswa. Pembelajaran dengan Model  Make  a Match  dan Multi media di iplementasikan sebagai alternatif pemecahan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian kelas VIII,1 yang jumlah siswanya 22 orang . Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam  dua siklus, dengan materi pokok tentang hukum bacaan qalqalah. Setiap siklus meliputi 4 tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan pembelajaran menggunakan Model  Make  a Match  dan Multimedia, dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII.1 ini, dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan. Baik sebelum dan sesudah menggunakan Model  Make  a Match  dan Multi media. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa siswa kelas VIII.1, menggunakan Model  Make  a Match  dan Multimedia.

Downloads

Download data is not yet available.