Vol 4 No 2 (2024): Journal of Science Education Teaching and Learning
Articles

WEBSITE-BASED WITH LOCAL WISDOM APPROACH OF INTERACTIVE E-MODULES DEVELOPMENT FOR SCIENCE LEARNING

Dwipo Apriaminanda
Universitas Negeri Padang
Skunda Diliarosta
Universitas Negeri Padang
0 0
Published March 19, 2024
How to Cite
Apriaminanda, D., & Diliarosta, S. (2024). WEBSITE-BASED WITH LOCAL WISDOM APPROACH OF INTERACTIVE E-MODULES DEVELOPMENT FOR SCIENCE LEARNING. Universe, 4(2), 167-172. https://doi.org/10.24036/universe.v4i2.547

Abstract

Penelitian ini didasari atas belum tersedianya e-modul interaktif berbasis website sebagai salah satu inovasi sumber belajar yang dapat digunakan peserta didik secara mandiri. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development / R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Website dirancang menggunakan Content Management System (CMS) Open Source Wordpress. E-modul interaktif berbasis website divalidasi oleh 4 orang validator menggunakan instrumen lembar validitas dan uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru IPA dan 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Padang menggunakan instrumen lembar uji praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data hasil uji validitas oleh tenaga ahli didapatkan rata-rata moment kappa sebesar 0,88 dengan kategori kevalidan sangat tinggi, hasil uji praktikalitas oleh guru berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata moment kappa sebesar 0,92, Hasil uji praktikalitas oleh peserta didik dengan rata-rata nilai moment kappa sebesar 0,93 berada pada kategori sangat praktis. Dengan demikian e-modul interaktif pembelajaran IPA dengan pendekatan etnosains berbasis website sudah valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.