Vol 4 No 2 (2024): Journal of Science Education Teaching and Learning
Articles

Development of Practicum Guide Based on Science Process Skill Approach For Grade 7th of Junior High School

Tri Wahyu Ningsih
Universitas Negeri Padang
0 0
Published March 19, 2024
Keywords
  • : Panduan Praktikum,
  • Inkuiri Terbimbing,
  • Pembelajaran IPA Kelas VII,
  • 4-D
How to Cite
Ningsih, T., & Yurnetti, Y. (2024). Development of Practicum Guide Based on Science Process Skill Approach For Grade 7th of Junior High School. Universe, 4(2), 191-196. https://doi.org/10.24036/universe.v4i2.609

Abstract

Praktikum ialah kegiatan pengajaran melalui bertemu muka yang menitikberatkan terhadap aspek psikomotorik. Panduan praktikum merupakan satu diantara pelengkap terjalankannya kegiatan praktikum pada proses belajar. Jenis dari penelitian ini termasuk pada penelitian pengembangan, metode penelitian Research and Development (R&D). Model yang dipakai pada penelitian yakni model 4-D yang mempunyai sejumlah tahapan yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Tahapan penelitian ini adalah: (1) Tahap pendefinisian (define) mencakup atas lima tahap, yakni: melakukan analisis awal akhir, mengmanalisis peserta didik, menganalisis tugas, menganalisis konsep dan tujuan praktikum. (2) Tahap perancangan (desain) mencakup atas tiga tahap yakni: memilih media, memilih format, rancangan awal. (3) Tahap pengembangan (develop). Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrumen validasi dan kepraktisan.Panduan praktikum pembelajaran IPA untuk kelas VII SMP/MTS yang sudah dilakukan pengembangan bisa dikategorikan valid dan praktis, yang dihasilkan lewat tahapan untuk mendefinisikan (define), merancang (design), dan mengembangkan (develop). Panduan praktikum pada proses belajar IPA untuk kelas VII SMP/MTS, melalui uji validasi diraih nilai validitas 86.83% dalam kategori yang valid. Pada uji praktikalitas oleh guru diraih nilai praktikalitas 84.36% dalam kategori yang praktis dan uji praktikalitas oleh peserta didik diraih nilai praktikalitas 83.2% dalam kategori yang praktis. Dilihat melalui hasil penelitian yang sudah dilaksanakan ada sejumlah saran dimana guru bisa memakai panduan praktikum pada proses belajar IPA untuk siswa kelas VII SMP/MTS menjadi satu diantara inovasi panduan praktikum pada proses belajar dan melaksanakan praktikum. Peserta didik bisa panduan praktikum proses belajar IPA untuk siswa dari kelas VII SMP/MTS ini untuk menambah serta memudahkan melaksankan praktikum serta memahami materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.