Vol 6 No 2 (2025): Journal of Science Education Teaching and Learning
Articles

DEVELOPMENT OF PROBLEM-BASED LEARNING MODULE FOR SCIENCE LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL

nabila qothrunnadaa
Universitas Negeri Padang
Arief Muttaqiin
Universitas Negeri Padang
Fatma Wati
Universitas Negeri Padang
0 0
Published December 9, 2025
Keywords
  • E-Modul,,
  • Problem Based Learning,,
  • 4-D
How to Cite
qothrunnadaa, nabila, Yurnetti, Y., Muttaqiin, A., & Wati, F. (2025). DEVELOPMENT OF PROBLEM-BASED LEARNING MODULE FOR SCIENCE LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Universe, 6(2), 159-165. https://doi.org/10.24036/universe.v6i2.628

Abstract

E-Modul adalah bahan belajar yang disusun secara sistematis menggunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh peserta didik sesuai dengan tingkat pemahaman dan usianya sehingga peserta didik bisa belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Modul IPA Terpadu Model Problem Based Learning pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup yang valid dan praktis untuk digunakan oleh siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Desain), (3) Pengembangan (Develop) dan (4) Penyebaran (Disseminate). Pada penelitian ini peneliti hanya melakukan tiga tahapan yaitu tahap define, desain, dan develop. E-modul divalidasi oleh tiga orang validator yang merupakan dosen jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNP. Lembar instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi dan praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan e-modul IPA Terpadu model Problem Based Learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP yang valid dan praktis. Hasil uji validitas memperoleh nilai 95% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh nilai 96%  dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.